Senin, 02 Mei 2011

Jakarta tak Seindah dulu

Kalo denger nama kota Jakarta, semua orang pasti punya pandangan berbeda. Kita misalnya, pasti langsung kebayang banjir, macet, polusi, pemukiman kumuh dan lain sebagainya. Tapi pandangan kita tentunya beda sama orang-orang desa yang belum tau Jakarta itu seperti apa. Mereka akan berfikir bahwa Jakarta itu kota yang besar, indah, mewah, dan tentunya bisa jadi ladang emas untuk mencari nafkah (terpengaruh sinetron sepertinya.. hehe).

Selengkapnye..


Kebetulan kemarin gue mau benerin modem di daerah Tomang Raya, begonya.. 21 taun hidup di Jakarta gue masih ga tau Tomang itu dimana. Maklum lah, Jakarta sekarang ga seperti dulu waktu gue sering banget diajak jalan sama bokap. Dulu kalo mau ke Taman Puring dari rumah gue cukup jalan kaki dan ga butuh angkot. Tapi sekarang, buat jalan ke pasar didepan rumah aja kalo ga make motor males banget rasanya.. hehe


Ok, balik lagi ke niat gue hari ini.. karena gue ga tau Tomang itu dimana, gue nyoba nanya sama temen gue yang kebetulan adalah sopir angkot jurusan Kebayoran-Lama - Tanah Abang, hehe. Sebenernya sih bisa aja naik busway, tapi gue juga masih ga tau harus transit dimana dan turun dimana. Kebetulan pas berangkat juga turun hujan, jadi ga mungkin banget gue ke blok m dulu ujan-ujanan buat naik busway.


Akhirnya berhasil lah gue naik angkot setelah badan sedikit terguyur hujan. Gue duduk di depan samping pak sopir. Di perjalanan ada ibu-ibu salah satu penumpang yang nelpon cucunya, suaranya kemana-mana, biasanya orang nelpon mah HPnya yang di loudspeaker.. ini suaranya yang di loudspeker. Ibu-ibu itu minta sopirnya ngetem dulu di daerah rawa belong buat nungguin cucunya yang keujanan, gila.. berasa angkot punya dia kali? haaah. Hujan pun makin deres, dan ternyata pas nyampe di daerah Rawa Belong banjir menghadang, inilah masalah pertama yang paling sering kita temuin di Jakarta. Akhirnya sang sopir memutar balik angkotnya, ga tau deh itu gue mau dibawa kemana yang pasti tetep aja banjir-banjir juga. Pokonya daerah perumahan dan gue masih ga tau nama jalannya apa, disitu banjirnya ga separah di jalan raya. Mungkin ini emang jalan alternatif kalo terjadi banjir, soalnya banyak banget mobil yang lewat jalan itu. Anak-anak kecil yang mandi hujan pun makin membuat macet jalan, jadi inget masa kecil dulu.. hehe. Tiba-tiba anak-anak kecil itu masuk ke dalem angkot dan bergelayut di pintu, bener-bener gue waktu masih ingusan dulu.. hahaha. Abangnya teriak-teriak sampe bikin gue shock.


“Ehh, jangan gelayutan di pintu.. turun..turun..turun, kalo lu pada kenapa-kenapa nanti gua yang di keroyok masa”, abangnya ngedumel.


Gue jadi ngerasa bersalah, dulu gue punya pengalaman sering “ngompreng” (istilah yang di pake anak-anak yang suka naek mobil ga bayar). Pernah di suatu hari gue sama 2 orang temen gue ngompreng angkot pas hujan. Tiba-tiba salah satu temen gue rese, dia iseng dorong temen gue yang 1 lagi dari pintu angkot sampe jatoh ke “got” (selokan). Parahnya sebelum masuk ke got, kepalanya sempet kejedot tiang listrik.. tapi temen gue yang iseng malah ketawa. Gue pun bukannya kasian malah ikut-ikutan ketawa.. haha #jahat.


Sepanjang jalan gue ngobrol sama sang sopir, dan dia bilang gue mesti turun di Slipi dan nerusin naik Kopaja. Persis kaya yang dibilang sama temen gue. Hujan masih gede banget, dan ternyata gue udah nyampe lampu merah Slipi. Sang sopir nyuruh gue turun. Aaahh? yang bener aja, gue mesti turun di lampu merah yang ga ada tempat neduh disaat hujan turun dengan sangat derasnya. Ya, itulah kebiasaan angkot.. nurunin penumpang seenaknya. Terpaksa lah gue ujan-ujanan buat nyari tempat neduh, kebetulan gue pergi bareng pacar.. jadi ga tega aja klo dia sampe keujanan (lebay). Akhirnya gue lari buat nyebrang ke jembatan penyebrangan, karena gue liat disitu banyak yang neduh. Pas lagi nyebrang, ternyata jalanannya banjir juga. Kali ini hujan bener-bener bikin gue kesel. Gue yang dari rumah niatnya pake sendal jepit tapi ga jadi karena gue fikir abis dari tomang mau ke Kota ga etis banget kalo make sendal jepit. Sepatu gue pun jebol, dan basah pas sampe di jembatan penyebrangan, sial!!


Sementara pacar gue aman ga keujanan lagi, gue nyoba nyari warung yang jual sendal jepit meskipun hujan-hujanan. Untung warungnya ada dibawah jembatan. Inilah pertama kalinya gue nemuin pedagang pinggiran yang ternyata berguna banget kalo keadaanya seperti ini. Sendalnya ternyata tinggal 2 pasang, dan dua-duanya kekecilan buat ukuran kaki gue, naas. Setelah dapet sendal akhirnya gue coba nyewa anak-anak kecil yang lagi kegirangan karena mereka dapet lahan pekerjaan, ya.. ojek payung. Lagi-lagi inget masa kecil, dulu gue suka banget ngojek payung karena bisa punya alesan buat mandi ujan.. hehe. Akhirnya gue berhasil naek Kopaja, masalah pun ga berhenti sampe disini.

Sampe di kopaja ternyata semua kursi terisi penuh, dan tinggal sepasang kursi yang basah karena Kopajanya bocor. Lengkap sudah penderitaan gue.


Kopaja pun terus melaju, gue minta sang kenek nurunin gue di Tomang Raya.. dan dia pun nyaranin gue buat nerusin naek angkot lagi buat ke tempat tujuan. Akhirnya gue diturunin dari Kopaja, dan lagi-lagi gue diturunin ditengah jalan (gue sadar betapa bergunanya halte bus dalam keadaan seperti ini). Untungnya gue diturunin di bawah fly over, jadi masih aman dari guyuran hujan. Sambil nunggu hujan reda gue mikirin omongan si kenek tadi, gue masti naek angkot lagi.. tapi angkot yang mana? sedan biru yang logonya burung? kalo itu mah mending gue naek dari rumah. Ternyata disana ga ada angkot lagi, dan ga ada zebra cross ataupun tempat penyebrangan lainnya buat ke tempat tujuan gue. Akhirnya gue terpaksa melanggar peraturan lalu lintas dengan menyebrang sembarangan. Bukan ditangkep polisi yang gue takutin, tapi mati ketabrak. Kebetulan disebrang ada pedagang kaki lima yang jual makanan, jadi gue bisa nuggu hujan sambil ngisi perut yang udah keroncongan sekalian nanya alamat sama si abang penjual ketupat sayur. Abangnya pun ngejelasin ke gue kalo tempat yang gue maksud ada di sebrang jalan, kalo gitu ngapain gue nyebrang tadi? ooh karena lapar ternyata.


Selesai makan hujan pun reda, gue nyebrang lagi. Di sebrang ternyata ada pos polisi, gue fikir mungkin mereka akan melayani masyarakat dengan memberikan jawaban mengenai alamat tujuan yang gue cari, atau sekedar memberikan hiburan dengan bergoyang India. Ternyata tidak, polisi dengan wajah yang sangat datar dan terkesan masa bodo nyaranin gue buat nyebrang aja. Yaudah pak, makasih. Kami pun nyebrang, tapi masih ga tau harus kemana lagi. Untungnya didepan ada Telpon Umum jadi bisa nelpon buat nanya alamat kantornya. Wahh, ternyata TUnya masih berfungsi. Jarang-jarang loh di Jakarta, tapi sayang ga terawat.. pintunya udah ga tau kemana. Mungkin dipake sama anak sekolah buat tameng waktu tawuran, atau sama warga wktu bentrok sama polisi.


Rute yang jelas pun didapat, gue mesti jalan terus ke depan sepanjang jalan Tomang raya sampe ketemu bank Danamon. Tiba-tiba gue inget klo gue udah ga megang duit sama sekali, akhirnya gue coba cari ATM terdekat dan ternyata ada di sebrang jalan.Anehya, di jalan 2 jalur cuma ada 1 zebra cross. Nah loh, udah nyape tengah jalan mau nyebrang lagi lewat mana? Terpaksa gue nunggu mobil yang lagi ngebut buat brenti sekitar 15 menit, akhirnya ada pengendara yang sadar. Gue nyebrang, tapi baru dua langkah tiba-tiba ada sedan yang muncul dengan cepat.. gue kasih jempol buat orang yang mau nyerempet gue, biar malu sekalian. Itulah Jakarta, ga ada tempat aman buat lo nyebrang.


Selesai dari ATM perjalanan pun berlanjut, karena masih ragu sama alamatnya.. gue pun nanya sama pedagang rokok di pinggir jalan. Ohh, ternyata tempat yang gue maksud ada di sebrang.. hah? nyebrang lagi? Tapi untungnya kali ini lebih jelas,

"tapi jalan dulu aja ke depan, di sana ada halte busway.. nyebrang dari halte aja". Kata abang tukang rokok dengan logat brebesnya.

Coba aja tukang rokok ini yang jadi polisi tadi, mungkin Jakarta lebih ramah.


Sampe juga akhirnya di Halte, gue tetep jalan lurus ke depan tapi masih ga tau dimana tempatnya. Sambil liat-liat jalan dan nomor gedung akhirnya ketemu juga no. 47 G. Ini lebih mirip ruko ketimbang service center. Karena gue ga liat logo perusahaan di pintunya. Akhirnya bisa duduk juga, nungguin abangnya benerin modem sekitar 1 jam. Sambil mikir pulangnya lewat mana?


Selesai sudah modem yang selama ini bermasalah akhirnya diganti semuanya, klo gitu ga usah nunggu sampe 1 jam seharusnya. Sekarang gue bingung mau kemana, tujuan awal ke Kota gagal gara-gara capek dan sendal jepit warna biru. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang ke rumah naek busway. Ohh ternyata buswaynya transit di Harmoni. Harmoni? Waaahh pasti ngantrinya panjang banget. Bener aja, koridor jurusan kota aja penuh apalagi yang ke Blok M. Terpaksa deh ngantri buat naek bus. Inilah potret suram orang-orang kota yang katanya lebih moderen, ga taat waktu ngantri. Ada yang dorong-dorong lah, ga sabaran banget lah, bawa barang banyak kaya mau mudik, yang begini ini baru pantes dibilang ALAY karena bener-bener lebay. Tolong dong, yang mau naek busway kan ga cuma lo doang. Ada nenek-nenek, ibu hamil, bapak tua, anak kecil, kenapa lo yang masih muda dan terlihat segar bugar kelakuannya kaya orang ga punya tenaga?


Di dalem busway tiba-tiba gue inget pelajaran di SD dulu, kalo kita di kendaraan dan melihat kakek/nenek yang sudah tua, atau ibu hamil, wanita dan anak-anak, maka berikanlah mereka kesempatan untuk tidak berdiri. Tapi kenyataan yang gue liat, banyak bujang lapuk pada duduk sedangkan ibu-ibu tua berdiri. Seakan-akan tulisan di dalam bus, “Utamakan Orang tua, Wanita, ataupun anak-anak” hanya sebagai hiasan aja. Kasian pacar gue, dia harus ikut-ikutan berjalan jauh sampe akhirnya berdiri di dalem bus. Pengen gue lempar aja bawaannya mereka (laki-laki) yang masih gagah dari dalam bus.


Bus pun sampe di Blok M. Sekarang gue mesti nerusin naek Metro Mini. Bis baru di terminal aja udah ada tukang ngamen, kembali gue inget masa-masa dulu waktu gue ngamen dari Blok M ke Ciledug. Sungguh pengalaman yang luar biasa, hhe. Gue yakin minimal ada 2 tukang ngamen yang masuk dari Blok M ke kebayoran lama, padahal tempatnya ga begitu jauh. Metro pun melaju, dan kayaknya ga ugal-ugalan seperti metro pada umumnya. Sampe di depan Melawai ternyata macet, padahal jalanan sepi banget. Sang sopir pun terpaksa melawan arah, ternyata didepan ada polisi yang sengaja menjebak. Ya, polisi di Jakarta emang pinter-pinter banget. Mereka suka ngejebak mangsa (pengendara) Cuma untuk makan siang atau sekedar beli rokok dan kopi, haram kan jadinya?. Jadi inget waktu gue pernah ditilang di kawasan senayan, petnjuk speda motor dilarang melintas ternyata sengaja di bengkokin dan ketutupan sama pohon. Untungnya gue lebih licik dari polisi itu, gue ditilang 20ribu untuk 2 motor tapi dituker sama nasi padang sisah polisi yang ga dimakan. (Berasa ditilang di restauran padang)


Balik ke metro, Sopir pun kesel dan mengeluarkan sumpah serapahnya.


“An**** lo, Ko****, Ba**, Ng*****, makan tuh duit haram.”, kata sang sopir tepat di muka polisi yang ga tau malu.


Polisinya kayaknya cuek banget, dia tetep jalan buat nilang metro dibelakang dengan nasib yang sama. Jadi pengen ikut-ikutan caci maki (inget kasusnya Roy Suryo waktu diusir dari Pesawat sama penumpang gara-gara salah naik pesawat dan masih membela diri dengan berkata kepada penumpang, “Anda tidak tau siapa saya?”. Siapa? Tukang VCD Porno di DPR? Haha).


Sang sopir pun berusa menarik napasnya, berusaha menenangkan dirinya. Sedangkan si kenek terpaksa harus meladeni si Polisi brengsek tadi. Tiba-tiba didepan ada polisi lain yang menanti jatah.


“An****, udah noh sama temen lo tadi. Ga tau apa narik lagi sepi? Ba**!!!”, sopir marah lagi.


Sopir ini ternyata bener-bener berani, gue bener-bener salut. Para penumpang pun sepertinya salut. Tapi, sopir kaya gini jadi ikut-ikutan jelek gara-gara sopir laen yang berengsek. Karena biasanya sopir metro suka banget ugal-ugalan dan ga taat sama peraturan. Tapi mungkin mereka juga punya alesan. Ya, polisi tadi.. banyaknya pungli, mulai dari polisi, petugas DLLAJ, sampe preman terminal bikin penghasilan mereka berkurang.


Suasana sudah mencair, satu dua orang turun dari Metro dengan tetap membayar ongkos langsung ke sopir. Wajah iba mengiringi langkah mereka menuju kursi sopir. Pengamen pun silih berganti, kali ini ada perempuan dengan suara aneh yang mencoba bernyanyi.. bener-bener ga jelas, seperti biola tua yang dawainya udah karatan. Atau lebih persis lagi seperti tikus yang kejepit lemari. Bener-bener ga jelas, gue rasa kalo dia ngomong pun ga bakalan jelas. Tapi dia punya rasa PD yang sangat tinggi. Pengamen yang ke 4 pun masuk, kali ini bawain lagu Bunda-nya Melly G. Pengamen yang pintar, menurut pengalaman gue penumpang akan labih milih ngasih pengamen dengan syarat :

1. Berpakaian rapih dan sopan
2. Ngamennya rame-rame dan bawa alat musik beneran (bukan kecrekan ataupun tepok-tangan)
3. Nyanyi lagu yang lagi HITS (seperti chaiia chaiia mungkin)
4. Suara bagus (mungkin nasipnya akan berakhir sama seperti afghan waktu direkrut produser rekaman)
5. Tampang Ok (kayak mahasiswa yang ngamen di sebelah kampus gue)
6. Bawain lagu yang menyentuh (Ibu-Iwan Fals, Bunda-Melly, Ayah-ga tau penyanyi sebenernya, hehe)


Sesampainya di Kebayoran Lama kali ini gue sadar.. kalo gue mesti turun ditengah jalan lagi dan ga ada tempat menyebrang. Pulang pun mesti muterin pasar kebayoran lama, masalah pun muncul lagi. Buat yang pernah ke pasar Tradisional, mungkin tau betapa semrawutnya pasar itu. Ya, rumah gue ga jauh dari Ps. Kebayoran Lama. Pulang dari mana aja pasti lewat pasar, yang macet, sumpek, dan terlihat kumuh. Gue sering banget marah-marah sama sopir bajaj yang ngetem, atau sama sopir angkot yang malang didepan gang menuju rumah gue. Bener-bener ga tertib, dan seperti ga ada aturan. Pedagang buah sepanjang jalan bikin tambah macet, gerobak (bukan bakso, somay, ataupun gerobak makanan lainnya. Tapi gerobak yang ngangkut belanjaan atau barang dagangan pedagang) , motor orang belanja (padahal ada lahan parkir). Kemana polisi? Kemana trantib. Pasar Kebayoran lama sepinya cuma saat-saat tertentu aja, misalnya Lebaran (udah jelas pedagang pada mudik), atau saat Fauzy Bowo berkunjung. Ps. Kebayoran Lama pun ga luput dari lahan persengketaan preman, terbukti taun 2007 preman saling bentrok (Tragedi FBR vs IKB, sama-sama betawi padahal isinya bukan orang betawi. Babeh gue aja yang betawi ga ikutan, tapi ini yang bukan orang betawi malah sok jagoan).


Akhirnya perjalanan pun berakhir, lebih afdol lagi pulangnya gue beli asinan betawi biar bener-bener ngerasa jadi orang Jakarta sepenuhnya. Hehe. Jadi inget cerita bokap gue, dulu Jakarta itu kota yang bersih, ga macet, dan ga banjir. Mau ke Blok M buat nonton sama nyokap gue pun (dari Seskoal, lebih jauh dari rumah gue) cukup jalan kaki. Mau maen pun taman dimana-mana. Banyak tanah kosong disekitar rumah (gue sempet ngerasain, biasanya dijadiin tempat buat maen gundu) sekarang dibangun rumah kost atau kontrakan (Karena letaknya strategis, perkampungan di rumah gue biasanya dijadiin solusi rumah sementara). Warga luar jakarta pada dateng bangun istana, tapi orang Jakarta pada jual rumahnya terus ngontrak (miris). Orang-orang dateng ke Jakarta buat nyari uang di Jakarta, tapi mereka ga mau menyumbang untuk Jakarta. Lahan di babat abis buat gedung, kuburan digusur buat kantor, taman di babat buat mall. Jakarta udah ga kuat buat nahan bebannya, Jakarta butuh udara segar, Jakarta butuh bernafas. Jadi inget pas perjalanan di busway tadi, ada mahasiswa kampanye earth day di kawasan monas. Percuma kampanye di pemukiman hijau, mending lu atraksi di pasar deh. Jakarta butuh solusi, jakarta harus labih baik lagi. Cinta Jakarta jangan sekedar karena tinggal di Jakarta aja, tapi harus bener-bener peduli sama lingkungannya.


Ini hanya sedikit masalah di Jakarta, masih ada banyak masalah lagi yang kita ga sadari. Seperti pemukiman kumuh, jumlah kendaraan yang lebih banyak dari jumlah jalan raya, ketersediaan lahan pemakaman (jadi mau nyanyi lagunya armada.. mau di kuubur dimanaa? Jenazah kitaaa? Hehehe), belum lagi masalah transportasi masal yang ga memadai, dan jumlah penduduk jakarta bertambah 3x lipat dari yang seharusnya. Yang terakhir ini bukan Jakarta doang harus menyelesaikan, tetapi semua daerah yang termasuk dalam wilayah JABODETABEK. Kemana pemda mereka? Kok bisa ya warganya nyari duit di Jakarta? Emangnya disana ga ada tempat pekerjaan? Tapi pemimpinnya kok bisa menikmati jabatan?




Ini Jakarta, Jakarta gue, Meskipun oren bukan warnanye gue, tapi Jakarta tetep kote gue.. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow dodolicio on Twitter

Search

About Me

Foto saya
Seorang Mahasiswa yang hingga kini masih betah di kampus (nyampah) meskipun temen2 seangkatannya udah pada nyusun skripsi.. hehe Kritis, cerewet, suka berbagi cerita dan pengalaman, tentunya tukang nanya juga, hehe. Sejak lahir tinggal di Jakarta, tapi masih suka keder kalo lagi keliling Jakarta.

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Postingan Populer

Categories

Pengikut

Categories

ChatBox

Twitter